Sabtu, 05 Juni 2010

Soal kelas IX (Peluang)

SOAL MATERI PELUANG
1. Enam orang terdiri dari 3 pria dan 3 wanita. Banyaknya cara mereka duduk pada enam kursi berbanjar jika wanita selalu duduk di pinggir…..

2. Dari 7 orang pengurus sebuah organisasi akan dipilih seorang ketua, wakil ketua, sekretaris, dan bendahara dengan tidak ada jabatan rangkap. Banyaknya pilihan tersebut adalah…..

3. Disuatu perkumpulan akan dipilih perwakilan yang terdiri dari 6 orang. Calon yang terdiri dari 5 pria dan 4 wanita. Banyaknya susunan perwakilan yang dapat dibalik jika sekurang kurangnya terpilih 3 pria…..

4. Diketahui A = { p, q, r, s, t, u}. Banyaknya himpunan bagian yang memiliki anggota paling sedikit 3 unsur adalah ….

5. Dari angka 3, 5, 6, 7 dan 9 dibuat bilangan yang terdiri atas tiga angka yang berbeda. Diantara bilangan tersebut yang kurang dari 400 banyaknya adalah…

6. Seorang murid mengerjakan 9 dari 10 soal ulangan namun 1 sampai 5 harus dikerjakan. Banyaknya pilihan yang dapat diambil murid tersebut ….

7. Sebuah sekolahan membutuhkan team yang terdiri dari 3 anak kelas 1, 4 anak kelas II, dan 5 anak kelas III. Akan ditentukan ketua , wakil ketua, dan sekretaris. JIka kelas asal ketua harus lebih tinggi dari kelas asal wakil ketua dan sekretaris. Maka banyaknya kemungkinan susunan kepanitian adalah….

8. Seorang guru matematika memberikan tes pada muridnya. Dia memberikan 9 soal di papan. Siswa diwajibkan menulis 7 soal saja dan soal no ganjil wajib dikerjakan banyaknya kemungkinan memilih soal yang dapat dilakukan adalah….

9. Dari 8 permainan bulu tangkis pria akan dibentuk pasangan ganda pria. Banyaknya pasangan ganda pria yang terbentuk adalah…

10. Seorang saudagar akan membeli 3 ekor kambing dan 4 ekor kerbau dari seorang yang memilkiki 5 ekor kambing dan 5 ekor kerbau. Berapa banyak cara sodagar itu dapat memilih….

11. Pengurus suatu organisasi yang terdiri dari ketua, wakil ketua, dan sekretaris., dipilih 7 orang calon. Bnayknya cara yang mungkin untuk memilih pengrus organisasi itu dengan tidak ada jabatan rangkap….

12. Sebuah kantong berisi 4 bola merah dan 5 bola putih. JIka dua bola diambil dari kantong satu persatu tanpa pengembalian, peluang terambilnya kedua bola berwarna merah adalah…

13. Dalam kotak I terdapat 4 bola merah dan 3 bola putih sedangkan dalam kotak II terdapat 7 bola merah dan 2 bola hitam. Drai setiap kotak diambil satu secara acak, peluang terambilnya bola putih kotak I dan bila hitam kotak II….

14. Peluang dua siswa A dan B lulus berurutan adalah 9/10 dan 11/12. Peluang siswa A lulus tapi B tidak lulus adalah…..

15. Dalam sebuah karton berisi 7 kelereng merah dan 5 kelereng putih. Dari kotak itu diambil 3 kelereng sekaligus secara acak. Peluang terambilnya sekurang kurangnya satu kelereng putih….

16. Banyaknya segitiga yang terbentuk dari 7 titik tanpa ada titik yang terletak segaris adalah…..

17. Sebuah perkumpulan putiri mempunyai 10 orang. Seorang diantaranya bernama ester. Perkumpulan tersebut akan membentuk regu bulu tangkis yang beranggotakan 7 orang. JIka di dalam regu tersebut si ester harus ada, maka banyaknya regu yang dapat dibentuk….

18. Dari himpunan H = { 1, 2, 3} dilakukan percobaan.
(a) Mempunyai bilangan 2 angka yang angka angkanya boleh berulang
(b) Menyusun bilangan 3 angka yang angka angkanya berlainan
(c) Menyusun bilangan ganjil 3 angka yang angka angkanya berlainan

19. Dalam sebuah kotak terdapat 3 bola merah dan 2 bola putih. Drai dalam kotak tersebut diambil 2 bola. Tentuk peluang terambil 1 bola merah dan 1 bola putih jika cara pengambilan bola tersebut :
(a) Sekaligus
(b) Satu demi satu dengan pengembalian
(c) Satu demi satu tanpa pemgembalian

1 komentar:

JJURUS SNMPTN 2013 mengatakan...

Menarik Sekali :),.

jangan lupa berkunjung ke blog saya ya:

http://jurus-snmptn.blogspot.com

Entri yang Diunggulkan

Praktik Baik tentang Pemanfaatan PMM untuk Guru dan Kepala Sekolah

Berbagi pengalaman pada Komunitas Interen sudah dilakukan setiap hari Selasa. Jika di Komunitas SMPN 3 Cipanas bernama Sebar Karya ( Selasa ...